Me & My WiFe!!

Me & My WiFe!!

Friday, May 27, 2011

SAINS & ALQURAN ( SUSU IBU )



Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya;  ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah  kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman, 31:14)

Air susu ibu adalah sebuah cecair tanpa tandingan ciptaan Allah untuk memenuhi keperluan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan susunya memiliki bentuk paling baik bagi tubuh bayi yang masih muda. Pada masa yang sama, Susu ibu juga sangat kaya dgn sari-sari makanan yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf.
1 Makanan-makanan tiruan untuk bayi yang dibuat menggunakan teknologi masa kini tidak mampu menandingi keunggulan susu ibu.

Penelitian menunjukkan, bayi yang diberi susu ibu secara khusus terlindung dari serangan penyakit sistem pernafasan dan pencernaan. Hal itu disebabkan zat-zat kekebalan tubuh di dalam susu ibu memberikan perlindungan melawan serangan penyakit. Sifat lain dari susu ibu yang juga memberikan perlindungan terhadap penyakit. 
Kerana telah diramu secara istimewa, susu ibu merupakan makanan yang paling mudah dicerna bayi dan sangat kaya akan zat gizi, susu ibu sangat mudah dicerna sistem pencernaan bayi yang masih baru. Kerana itulah bayi mengeluarkan lebih sedikit tenaga dalam mencerna susu ibu, sehingga ia dapat menggunakan tenaga selebihnya untuk kegiatan lainnya, seperti pertumbuhan dan perkembahan organ.

Air susu ibu yang memiliki bayi mengandung lebih banyak zat lemak, protein, natrium, klorida, dan zat besi untuk memenuhi kehendak bayi. Bahkan telah dibuktikan bahwa fungsi mata bayi berkembang lebih baik pada bayi-bayi pramatang yang diberi susu ibu dan mereka memperlihatkan kecekapan yang lebih baik dan cerdas. Selain itu,  mempunyai banyak sekali kelebihan-kelebihan lain.

Salah satu faktor yang menyebabkan susu ibu sangat diperlukan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa. Selain sebagai zat penting bagi otak dan retina manusia, minyak tersebut juga sangat penting bagi bayi yang baru lahir. Omega-3 secara khusus sangat penting selama masa kehamilan dan pada tahap-tahap awal usia bayi yang otak dan sarafnya berkembang secara nomal. Para ilmuwan secara khusus menekankan pentingnya susu ibu sebagai penyedian yg sempurna dari omega

3 Selanjutnya, penelitian yang dilakukan para ilmuwan Universiti Bristol mengungkap bahwa di antara manfaat susu ibu untuk jangka panjang adalah  , bayi yang diberi susu ibu berkemungkinan lebih kecil  risiko mengidap penyakit jantung. dengan adanya asam-asam lemak (yang mencegah pengerasan pembuluh arteri), serta fakta bahwa bayi yang diberi susu ibu menelan sedikit natrium (yang berkaitan erat dengan tekanan darah) yang dengannya tidak mengalami penambahan berat badan berlebihan, antara manfaat susu ibu bagi jantung.terhadap tekanan darah, bahaya serangan jantung dapat dikurangi. Kelompok peneliti tersebut menyimpulkan bahwa perlindungan yang diberikan susu ibu disebabkan oleh kandungan zat gizinya. Menurut hasil penelitian itu, yang diterbitkan dalam jurnal doktor

Fakta tentang "Makanan Paling Segar" [Susu Ibu]
Full hygiene may not be established in water or foodstuffs other than mother’s milk.
Fakta tentang susu ibu tidak berhenti hanya sampai di sini. Peranan penting  terhadap kesihatan bayi berubah seiring dengan tahap-tahap yang dilalui bayi dan jenis zat-zat makanan yang diperlukan pada tahap tertentu. Kandungan susu ibu berubah memenuhi keperluan yang sangat khusus ini. Susu ibu, yang  berada pada suhu yang paling baik, memainkan peranan utama dalam perkembangan otak kerana gula dan lemak yang dimiliki. Di samping itu, unsur-unsur seperti kalsium yang dimilikinya berperanan besar dalam perkembangan tulang-tulang bayi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...